Belanda…

Setelah punya blog page jadi seneng nulis ni, even telat but no problem…

Belanda, ya Belanda itulah tempat kedua dmn aku menginjakkan kaki di luar negeri sendiri(26 Maret 2008). Bisnis trip ke Afrika mengharuskan saya dan teman saya transit di Belanda selama 6jam. Keluar pesawat melewati belalai menuju gedung bandara, brrrrrrrrr dingin nya minta ampun, emang si di dalem pesawat ada informasi bahwa suhu di luar hanya 1 derajat Celcius. Saya yg biasa hidup di negara Tropis dengan suhu yang rata2 28 derajat langsung kedinginan hebat, untung di dalem bandara anget.

6jam menunggu kami memutuskan utk city tur melihat(tepatnya mencari coz we do not where they are located) kincir Angin ciri khas belanda. Ikutan Short tour, tapi harganya kalo di rupiahin muahal, tur cuma 2jam juga, trus kalo dipikir pikir ga bebas juga coz di batasi waktu. Akhirnya dengan keberanian Extra(karena blank ga tahu apa2 ttg Belanda) maka diputuskan lah untuk turun ke stasiun kereta di bawah bandara SCHIPOL. Setelah beli tiket PP Schipol – Centraal Station (kalo nyasar kan tinggal balik lagi) tanpa peta(cm petunjuk station) maka kami naek metro ke Centraal Station. Sampai di sana langsung keluar stasiun dan melihat2 daerah sekitarnya. Habis foto2 masuk stasiun lagi untuk balik ke Schipol, pesawat Boarding jam 1 siang waktu belanda sedangkan saat masih jam 8 pagi.

Kita putuskan untuk lebih jauh lagi menyusuri kota dengan metro, kereta atau apalah namanya (kalo kereta kok rodanya pake ban karet hehehe) di booklet kecil yang kita ambil di Schipol Station ada gambar Kincir Angin besar dengan nama tempatnya Zaanse Schans. Kami bertanya ke petugas apakah tempat tersebut ada Kincir Anginnya. Mereka bilang ada cuman kami harus agak jalan sedikit untuk melihat kincir angin tsb. Segera tnp basa basi kami beli tiket PP lagi untuk perjalanan dari Amsterdam Centraal station menuju Koog-Zaandijk dimana kami harus turun dan berjalan ke lokasi kincir angin. Hawa dingin sangat menyiksa saya, bibir sudah pecah2 dan pipi sudah memerah karena gosong meskipun matahari tidak begitu terik menyinari (bahkan cenderung gelap saya rasa) namun lensa photo gray teman saya sudah menghitam menandakan adanya intensitas cahaya yg menyilaukan (buat saya itu aneh, wong ga ada matahari kok bisa gosong).

Begitu metro datang, segera kami naik menuju Koog-Zaandijk. Tiba di sana kami harus menyebrang jalan (lewat terowongan) menuju sisi lain dari stasiun. Di situ sangat mudah di temukan petunjuk untuk menuju ke Zaanse Schans. Kami berjalan cepat utk mengejar waktu dan membuat tubuh kami berkeringat dan tidak kedinginan. Kami ikuti rambu penunjuk arah namun kami bingung sebab petunjuk arah tsb berakhir di sebuah dermaga kecil. Dari situ saya bisa melihat kincir2 angin besar berjajar di pinggir sungai, danau atau bahkan laut saya nggak tahu. Yaaaaaah perjuangan harus berakhir di situ padahal kincir angin sudah di depan mata. Tak lama datang serombongan anak2 remaja dan sedikit orang tua bersepeda. Mereka mengambil posisi ngantri di pinggir dermaga itu. Tiba2 dari arah kanan datanglah sebuah kapal Ferry untuk membawa mereka ke seberang. Saya bertanya pada salah satu bapak2 di situ apakah saya bs naik ferry itu ke windmills yg di seberang? Dia menjawab bisa, maka perjalanan selanjutnya kami lanjutkan dgn naik ferry itu GRATIIIIIIS…Mungkin sebenarnya bisa lewat jembatan cm keliatannya lagi di renovasi / ato baru dibikin kali…

Ah sampe jg di tujuan, jalan sedikit udh nyampe deeee…tp yang membuat aku terkesan bukan kincir nya, tapi SALJU nya…hehehe pertama kali pegang es yg jatuh dari langit sisa2 hujan salju td malam rupanya…di pegang2, di photo, sambil teriak SALJU, SALJU…untung ga ada bule di situ kalo ada maybe mrk bingung, coz segitu kagumnya ma salju😛

Puas liat kincir dan sedikit museum2 di sana maka saya balik lagi ke dermaga naik ferry lagi trus naik metro balik ke Amsterdam Centraal trus lanjut ke Schipol untuk check in…Hebat nya ga berasa capek, mngkin krn dingin ya…coz setelah masuk ke pesawat lgnsg tepar kecapekan…ZzzzzZZzzz..

Bangun2 sudah di atas gurun Sahara yg luaaaaaaaaaaas bgt, I am coming Nigeria…(to be continued)

1 Comment

Leave a Reply

