Macet lagi macet lagi…

Macet bukan hal baru di Ibukota tercinta ini. Jakarta = Macet = banjir hehehehe…Saya yg pendatang dari daerah (Surakarta Hadiningrat..au adus) pertama kali naek motor di jkt ( 1 Agustus 2005 ) terkaget2, terkagum, marah, jengkel, takut dsb jadi satu di pikiran. “Lha kok ngene……” Saya yg terbiasa dgn jalan raya di jawa yg santun, pelan, jalan di tempat yg sudah di tetapkan (maksudnya di jalan aspal bukan trotoar. red), even bagi temen2 di kampung aku termasuk tipe “pecicilan” kalo naek motor tapi nurut aku lebih manusiawi drpd org2 jakarta pada umumnya.

Di jakarta bisa2 nya jalanan macet motor2 pada naek ke trotoar, masuk halaman orang, lawan arus, geol kanan geol kiri se-enaknya( Bajaj, angkot dll) hanya demi mengejar waktu dan setoran kali ya…Untuk mensiasati kemacetan itu dulu saya berangkat pagi2 dari pasar rebo kira2 jam 6an cuman hasilnya??? sama juga macet, aku pikir semua org punya pikiran yg sama dgn aku BERANGKAT PAGI biar ga macet dan hasilnya? pagi2 jalanan di Condet kampung tengah sudah penuh dgn kendaraan pagi itu…

Gaya naek motor ku tnyata ga cocok di pake di jakarta, semakin aku santun org2 bukannya ikut santun malah semakin memanfaatkan kesantunanku…Di pepet2 lah, di teroboslah, di salip dari kiri sambil motong kanan lah pokoknya macem2 de…Ooooo tnyata hukum rimba berlaku jg di sini, siapa kuat dia menang, siapa berani dia yg duluan. Akhirnya stlh berulangkali kepepet ma bikers yg laen, aku putuskan untuk memakai hukum rimba jg, lu jual gue beli..Lu mefet gue diem ga bergeming n hasilnya lu ngerem coz aku ga mau ngalah hehehehehe…Lu mau ambil dari kiri sambil motong kanan, gue kencengin motor gue hasilnya lu ga bisa nyalip coz motor gue lebih kenceng hehehe lumayan juga korek harian std di motor Satria 120 ku ini…

Tadi pagi macetnya minta ampun, motor banyak bgt. Di Gatsu (setelah pancoran arah kuningan) motor ga boleh masuk jalur busway. Cuman mobil yg boleh, jadi di sisi sebelah kiri jalur busway (kira2 tiga lajur) dipenuhi motor kaya kampanye, HANYA MOTOR sepanjang jalan sampe ke Univ Paramadina baru ada mobil..gilaaaaaaa banyak bgt motor nya yak….Untung sudah kuterapkan jurus2 terbaru hasil mengamati cara berkendara temen2 bikers di jakarta. Dan untungnya lagi aku selalu menggunakan jalan aspal bukan trotoar coz di ujung trotoar sana udah ada 2 Polantas siap dgn moge nya ato Kebo Putih kita biasa nyebut di jawa. Ga tahu pada di tangkepin ga coz polisi cuman dua yg naek trotoar lebih dari 200 kali hahahahaha…

Namun ada efek buruk dari gaya bermotor saya ini. Saat pulang kampung di Solo / Surakarta jadi suka kebawa2 ngebut ga karuan, bukannya di puji karena cepet nyampe malah di kira jambret r mekanik motor coz jalanan kosong melompong kok pecicilan, di kiranya lagi di kejar polisi atau tes motor habis servis hahahahahahaha…

Anyway even cerita begini bukan berarti ga taat peraturan and se-enaknya sendiri di jalan2 di Jakarta coz safety is numero uno, perlengkapan standard selalu menempel di badan saya, helm, jacket, sarung tangan dan tak lupa masker. Sampai sekarang pun saya masih santun cuman dgn sedikit cerdik.

Cheers, Mj

Leave a Reply

