Gunung Gede

Puncak gunung Gede adalah puncak pertama yang berhasil kutaklukkan hehehe…Pd tanggal 1 Mei tepat pukul 16.58 berhasil kujejakkan kaki ini ke Puncak Suryakencana yg berada di 2,958 Mdpl pada koordinat 106°51′ – 107°02′ BT dan 64°1′ – 65°1 LS dengan suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C , brrrrr kaya di Paris cuma anginnya gedean ini…hehe.

Kami rombongan berenam, 5 cowok, satu cewek berangkat dari Jakarta. Rombongan pertama Liang, Aris, Ajeng dan Pak Rudy berangkat dari Stasiun Dukuh Atas dgn kereta express menuju Bogor. Sedangkan aku dan Kakekok berangkat dari stasiun Cawang dgn kereta AC Ekonomi. Dua rombongan ini akan bertemu di Stasiun Bogor. Sekitar jam 5.10 kereta ku berangkat setelah beberapa saat sebelumnya kereta rombongan pertama lewat. Tiba di St. Bogor sekitar 18.30an (ga pasti jam berapa soalnya the writter is not good at memorizing hehehehe). Setelah diabsen oleh ketua rombongan dadakan, Aris, kami keluar stasiun dan mulai cari angkot ke terminal Baranangsiang. Sementara mencari, ada beberapa sopir angkot yg menawarkan angkotnya utk di carter sampe ke Pos Pendakian Gn. Putri. Setelah dipikir2 dan ditimbang2, sekilo dua kilo🙂. Kami putuskan carter angkot aja biar ga capek gonta ganti angkutan umum. Pertimbangan lain adalah, kami semua adalah profesioanl muda yang berbakat (jiaaaaaah…), jadi pulang kerja  tanpa istirahat langsung brkt, mana dikereta ga dapet duduk juga, kan capeeeeek jadi carter aja..hehe..Akhirnya tawar2 kena 180rb buat 6 org, jadi @ kena 30rb..

Langsung angkot tancap gas lewat Puncak, dengan sedikit perjuangan dan bau kopling dari angkot yg maybe tll dipaksakan oleh pak sopir nya, hampir satu kali nabrak truk dan tanjakan tiada akhir, finally sampe juga di Pos Putri. Kami tidak langsung nanjak ke Gede, tp istirahat dulu di Pos GPO Putri dikarenakan alasan fisik (maklum masih pd kerja semua dan alasanumur wakakakak…). Gelar matras langsung bablas ke alam bawah sadar, choir ngorox pun dikumandangkan semalam-malaman… Pagi2 around 6.00 I got up and took a bath (boong banget, aku ga mandi hihihi..cuma sikat gigi doang). Sesudah sarapan dan narsis2an photo2an didepan pos, supaya tahu wajah sebelum mendaki dan nanti sesudah mendaki kaya apa, kamipun berangkat tak lupa memanjatkan doa kepada Tuhan untuk penyertaanNya dalam perjalanan kami.

Tepat pukul 7.00 kaki kami mulai mengayun mendaki ladang2 penduduk. “Gila, baru mulai aja udah kaya gini, gimana ntar???” kataku dalam hati, cuma semuanya tertutup oleh pemandangan yg indah pagi itu. Setelah agak lama berjalan, kami istirahat di sebuat mushola kalau ga salah. Saya lirik jam tangan saya dan WHAAAAAAAAAAAT, baru jam 7.10 , artinya baru 10menit jalan  tp udah kaya 1 jam perjalanan, ngos2an wekekek…Maklum masih newbie dalam hal daki mendaki…Ta lama perjalanan kami lanjutkan dan sekitar pukul 7.40 kami mulai masuk ke rerimbunan pepohonan yg menandakan kami mulai memasuki hutan dan pendakian yang sebenarnyapun dimulai…

Seperti rencana kami sebelumnya, pendakian ini adalah FUN HIKING, artinya puncak bukan segalanya tp menikmati alam tujuannya. Even pada akhirnya setelah sampe di Suryakencana, PUNCAK menjadi segalanya hehehe…Tapak demi tapak kami lewati. Oh ya, kami diharuskan pake Guide oleh pihak TNGGP, katanya kami ini pendaki umum jadi kudu pake Guide, dan karena ini fun hiking jadi kami juga sewa 1 porter, mostly buat bawa air, tenda, peralatan masak dan barang2 peserta cewek, selebihnya kami bawa sendiri. Guide dan porter berangkat belakangan (loh katanya guide kok belakangan).  Kami terus mendaki, dan saya terus terang pace saya lambat jadi saya minta teman2 untuk tinggalin saya ajah drpd kepengaruh saya jadi lambat. Tp thanks to Aris yg setia menemani saya dibelakang, dan sampe akhirnya menjelang 40menit sebelum Suryakencana caril kami berdua dibawain olh porter krn kabut mulai turun dan juga hujan😛, ga lama setelah kami, pak Rudy pun tumbang karena kram kaki dan carilnya pun ikut digendong porter hehehe, lumayan nanggung malunya ga sendiri hehehe. Akhirnya pukul 12.30an aku sampe di lembah Suryakencana. Kabut lumayan pekat, ga bisa lihat apa-apa dalam radius 20meteran. Saya segera pake jaket krn inget kata2 Chubby, “Boleh naik gunung, tapi awas kalo item, ta tuker tambah.” hihihihihi…

Istirahat sebentar lalu melanjutkan perjalanan menuju sumber air terakhir sebelum puncak. Perjalanan dari tempat istirahat terakhir maybe sekitar 30 menitan, dan sampailah kami di sumber mata air itu. Cuci2 kaki, tangan dan mulai persiapan makaaaaan…FYI, airnya brrrrr duingin minta ampun, rencana mau ngrendem kaki di situ ga jadi karena kagak kuat dinginya, after lunch istirahat sebentar (hehehe lama deeeng coz pada molor) sebelum menaklukkan puncak. Dan pukul 15:20 an kami kembali mengayunkan langkah mendaki puncak Gede. Caril kami bawa kembali masing2, and di tengah perjalanan kami bertemu dua org pendaki yg belakangan jadi temen, Deny dan Gilang. Lagi2 saya yang “pace” nya lambat berjalan dibelakang ditemani Aris dan tambah satu lagi Gilang hehehe…Ga tahu kenapa perjalanan mendaki puncak yg lumayan terjal jadi tidak begitu berasa lagi, mungkin adrenalin kamu terpacu atau karena sudah terbiasa dgn tanjakan hehehe..akhirnya puncak kami sampe di puncak pukul 16.42, berapa menit tuh? Itung ndiri ah capek…Foto2, buka tenda, menyusuri kawah, dan makan bersama hehehe…dan jam 20.00 kami bersama2 lagi menyanyikan choir ngorox, sesekali diluar angin bertiup dgn kencangnya dan terdengar suara dua org lagi pacaran Deny dan Gilang huahahaha…

Pukul 05.00 alarm BB saya berteriak dgn kencang, memang sudah diset jam 05.00 untuk liat sunrise namun boleh apa buat, kabut masih tidak mau mengalah, kagak keliatan apa2, yg ada masih gelap😀..teman2 memilih utk tetap bangun sedang saya memilih utk tetap tidur🙂. Setelah kepak2 kami berangkat turun gunung jam 08.00, tentu saja sebelumnya berdoa bersama dulu utk keselamatan kami. Jam 08.00 kabut masih menyelimuti kawah, jadi kami harus hati2 melangkah. Dan tepat jam 09.00 kami sampe di tempat yg disebut “Tanjakan Setan” pdhal kalo dilihat dari kondisi waktu itu harusnya namanya “Turunan Setan”, kan kami turun bukan naek hehe..Jujur, sebelum ketemu tanjakan ini, kondisi badan sudah mulai drop, kaya ga ada motivasi. Setelah ketemu ini adrenalin jadi terpacu dan nurut saya, this is the most challenging spot here in Mt. Gede hehehe…Turun tebing pake tali tanpa pengaman wekekek…Sukses menuruninya kami melanjutkan perjalanan yg membosankan dgn trek menurun tanpa putus (ya iyalaaaah turun gunung gitu loooh…). Ternyata kekuatan fisik juga sangat diuji saat turun, dengkul udah kaya copot, betis tegang, telapak kaki serasa terbakar, rasanya ga mau menyentuh tanah karena sakit. Dan akhirnya mata kaki kiriku lecet kegesek2 sandal gunungku sendiri. Tempel plester (untung udah beli..) jalan lagi.. Kakekok yg dari berangkat naik dan skrg turun selalu didepan juga dipaksa mengistirahatkan sandal gunungnya krn telapak kakinya panaaaaas hampir lecet. Dia pilih ganti sandal jepit aku punya (hehehe dasar wong ndesooo). Kami istirahat sebentar2 di tengah2 perjalanan,dan akhirnya sampe di pos pemeriksaan cibodas jam 15.30an..brp jam tuh dari jam 08.00. Langsung cari makan dan naek bus jurusan Kp. Rambutan utk pulang ke Jakarta.

Kesimpulannya, naek lewat Gn. Putri sangat melelahkan tp waktu yg ditempuh bisa lebih singkat. Turun lewat Cibodas, sangat2 membosankan krn paaaaaaaaaaanjang dan laaaaaaaaaaaaaaaaaaama…Ga kebayang kalau naik lewat Cibodas, bisa pulang duluan deh..hehe.. Dan akhirnya doaku kesampean juga menaklukan at least satu puncak gunung di Indonesia, coz kemping udah pernah, treking sudah,touring sudah,turun ke gua udah, yg belom cuma naik gunung dan snorkeling cuma kalo snorkeling atau menyelam ga kepingin coz ga bisa renang hehehe..

Besok gunung apa lagi yaaaa??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s